Search

Sabtu, 18 Juni 2011

Keunggulan Linux dalam jaringan

1.Free
Dalam distribusi Linux terdapat banyak software yang didapatkan secara gratismelalui internet. Sedangkan apabila software tersebut dikemas dalam bentuk CDmaka akan menghabiskan biaya besar untuk mendapatkan software tersebut. Selain itu, pengguna dapat mengubah program asal sesuai keperluan tanpa terkena sanksi.Sehingga dapat dikatakan Linux adalah sistem operasi open source. Semua aplikasi pada distro Linux dapat diperoleh secara mudah dan gratis tetapi tidak semua distro linux yang mendapatkan software secara gratis misalnya RHEL dan SUSE Linux.RHEL dan SUSE Linux merupakan distro Linux yang bersifat komersial, sedangkan Ubuntu, CentOS, Mandriva Free Edition dan open SUSE memberikan software secara gratis pada seluruh pengguna Linux.

2.Resistan
Jarang sekali terdengan bahwa Linux terinfeksi virus komputer. Biasanya virus yang masuk dalam Linux tidak dapat melakukan apaun karena virus tersebut dibuat untuk sistem operasi lain. Sehingga dalam Linux tidak perlu dibutuhkan sistem perlindungan yang hebat dengan berbagai program antivirus, firewall, adware block,dan sebagainya. Selain itu, terdapat sistem file Permissions yaitu apabila terjadi perubahan atau penghapusan file harus dengan ijin dari user.

3.Freeware
Untuk memakai dan menggunakan Linux kepada pihak lain tidak perlu membayar biaya lisensi atau royalti kepada pemilik Linux. Karena Linux adalah sistem menggunakan lisensi GPL. Sehingga dapat menghemat devisa negara dalampendistribusian dan penggunaan sistem operasi Linux bagi masyarakat.

4.Non-Fragmentasi
Tidak perlu adanya defragment secara berkala sehingga dapat dengan mudah melakukan pengelolaan file tanpa terjadi fragmentasi pada data atau program tertentu. Hal ini karena linux menggunakan sistem file yang berbeda yaitu sistem fileext2fs (Second Extended File System) dengan fragmentasi secara otomatis tidak seperti pada NTFS di Windows.

5.Update keseluruhan
Pada sistem operasi Linux yang open source dapat melakukan update secara keseluruhan untuk sistem operasi dan aplikasi-aplikasi yang terinstal pada PC tersebut. Sedangkan untuk sistem operasi lain, program aplikasi harus di-update secara manual.




Silakan Download artikel Lengkapnya copy-paste link dibawah ini

http://www.ziddu.com/download/15406686/keunggulanlinuxdalamjaringan-1.doc.html

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More