Search

Rabu, 18 Mei 2011

Step by step Install Hackintosh




Apa sih Hackintosh itu ?

Hackintosh adalah Mac OS X yang ditanam pada sistem komputer x86. Jadi intinya OS X ini bisa diinstall pada komputer biasa berbasis prosesor intel atau amd. Jadi dengan spesifikasi hardware yang sepadan kita bisa menghemat budjet untuk membangun Hackintosh.

Bedanya Hacintosh dengan Mac Asli ?

hackintosh itu adalah OS X (buatan apple) yang dimodifikasi agar jalan di mesin-mesin non apple. Dengan catatan mesin tersebut mirip/sama arsitekturnya, sekarangkan apple dan komputer lainnya sama-sama enggunakan processor intel. yang sangat ekstim membedakan adalah penggunaan bios pada pc sedangkanpada komputer apple menggunakan EFI.




Istilah dalam Hackintosh

EFI (Extensible Firmware Interface) Spesifikasi yang berfungsi sebagai interface antara OS dan firmware. EFI ditujukan sebagai pengganti firmware BIOS. Spesifikasi EFI awalnya dikembangkan oleh Intel, dan kini dikelola oleh Unified EFI Forum.
GPT (GUID Partition Table) GPT adalah standar layout untuk tabel partisi di HDD. GPT merupakan bagian dari EFI, sedangkan BIOS menggunakan MBR.

BPT menggunakan LBA (Logical Block Addressing) modern sebagai pengganti CHS (Cylinder-Head-Sector) yang dipakai oleh MBR. Journaled Fitur yang membantu melindungi file system dari kegagalan komponen atau kehilangan daya listrik secara tiba-tiba.

Journaled pertama kali diperkenalkan di Mac OSX Server 10.2.2 dan Mac OSX 10.3. Saat fitur journaled diaktifkan di sebuah disk, perubahan file akan terus dicatat secara kontinyu. Jadi saat terjadi kegagalan daya atau masalah hardware, journal akan dipakai untuk me-restore disk ke saat belum terjadinya masalah. Kernel Inti dari sebuah OS yang bekerja menangani resource dan kinerja hardware.

Kernel juga menjadi jembatan bagi aplikasi lain untuk menggunakan resource tersebut. Semua aplikasi yang berjalan di atas sebuah OS dirancang sesuai dengan karakteristik kernel. Ketangguhan sebuah OS sangat tergantung dari kehandalan kernelnya.

Mac OS Extended / HFS Plus Mac OS Extended adalah file system yang dikembangkan oleh Apple untuk menggantikan HFS (Hierarchical File System). HFS+ mendukung file yang lebih besar atau 32-bit dan menggunakan penamaan Unicode.

dan banyak lagi : )

Bagaimana step by Step install Hackintosh ?

1. PC yang akan diinstal harus support instruksi minimal SSE2, dibawah itu tidak bisa. Cara mengeceknya bisa memakai software CPU-Z untuk Windows atau CPU-X untuk MacOS


Lihat chipset juga di Mobo Anda, dari yang paling mudah dalam hal instalasi, chipset seperti Intel, VIA, NVIDIA telah tersupport untuk hackintosh, untuk chipset SiS jarang ada laporan sukses. Bagi yang masih dalam pemilihan hardware, Anda bisa mengutamakan memilih chipset Intel kemudian NVIDIA (Didasarkan Macbook dibawah 2008 masih memakai chipset Intel, baru di atas 2008 Apple Inc memakai chipset NVIDIA di jajaran Macbook terbaru)

Ruang Harddisk minimal 10 GB, 10 GB ini ruang harddisk minimal karena garing rasanya hanya OS tanpa aplikasi yang lain.

Memory minimal 1GB, di atas 1 GB akan lebih baik lagi dan Pemutar optik DVD-ROM bukan CD-ROM dan DVD Distro HackMac, dengan hal ini saya memakai iPC 10.5.6 karena lengkap dengan LiveDVD nya sehingga Anda juga bisa booting via DVD tanpa menginstal ke HDD.
Spesifikasi hardware yang tepat, untuk lebih jelasnya Anda bisa cari di Google atau berkunjung ke http://wiki.osx86project.org/ dan http://www.insanelymac.com.


Untuk selengkapnya download link di bawah ini

http://www.ziddu.com/download/15042528/Hackintosh.rar.html

Tks.
Kel 2
II Tkj 5
adminzk.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More