Search

Sabtu, 07 Mei 2011

Fahrizal Irawan Remedial EPN Semester 4 (artikel tentang WAN)

Pengertian WAN

WAN adalah sekumpulan jaringan yang memiliki perbedaan yang terhubung pada suatu jaringan dalam skala luas. Contoh yaitu jaringan komputer antar wilayah, kota atau bahkan negara, atau dapat didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik.
WAN digunakan untuk menghubungkan jaringan lokal yang satu dengan jaringan lokal yang lain, sehingga pengguna atau komputer di lokasi yang satu dapat berkomunikasi dengan pengguna dan komputer di lokasi yang lain.Jaringan WAN (Wide Area Network) adalah kumpulan dari LAN dan/atau Workgroup yang dihubungkan dengan menggunakan alat komunikasi modem dan jaringan Internet, dari/ke kantor pusat dan kantor cabang, maupun antar kantor cabang. Dengan sistem jaringan ini, pertukaran data antar kantor dapat dilakukan dengan cepat serta dengan biaya yang relatif murah. Sistem jaringan ini dapat menggunakan jaringan Internet yang sudah ada, untuk menghubungkan antara kantor pusat dan kantor cabang atau dengan PC Stand Alone/Notebook yang berada di lain kota ataupun negara.Wireless WAN menghubungan dua lokasi dengan kecepatan 1,6-10 Mbps, mendayagunakan RF spektrum lebar, bilamana jaringan publik tidak tersedia atau terlalu mahal. Sistem wireless WAN merupakan sistem point-to-point menghubungkan jaringan melintasi kota-kota menggantikan infrastruktur publik atau memberikan suatu alternatif terhadap sambungan privat.Perkembangan jaringan dan Internet yang spektakuler memberikan dampak yang sangat besar terhadap perusahaan dalam berbagai jenis dan ukuran. Teknologi wireless yang baru semakin memudahkan perkembangan kemampuan jaringan, Internet, dan intranet bagi para pekerja mobile, lokasi-lokasi terpencil dan berbagai fasilitas temporer.

Wireless Networking semakin memperluas jangkauan dan kemampuan jaringan komputer. Teknologi-teknologi baru menjadikan wireless networking sebagai suatu cara yang memungkinkan pelayanan akses berkecepatan tinggi dan handal bagi jaringanjaringan komputer dan Internet.

Terdapat dua metode dasar wireless networking yaitu cahaya (laser dan infra merah) dan radio. Keduanya memiliki spesifikasi dan kegunaan yang berbeda.

Aplikasi-aplikasi

1. Wireless LAN memberikan akses jaringan terbuka yang wireless dalam kantor, dalam lingkungan pelayanan kesehatan, gudang dan ritel, memungkinkan klien yang mobil mengakses server jaringan.

2. Wireless WAN menghubungan dua lokasi dengan kecepatan 1,6-10 Mbps, mendayagunakan RF spektrum lebar, bilamana jaringan publik tidak tersedia atau terlalu mahal. Sistem wireless WAN merupakan sistem point-to-point menghubungkan jaringan melintasi kota-kota menggantikan infrastruktur publik atau memberikan suatu alternatif terhadap sambungan privat.

3. Wireless MAN memberikan pilihan jaringan point-to-multipoint. Contoh solusi ini mencakup menghubungkan banyak end-user di kampus atau suatu fasilitas melintasi kota-kota melalui wireless Ethernet. Kecepatan aliran berkisar antara 56K hingga 10 Mbps. Wireless MAN ini mendukung arsitektur jaringan hub dan spoke.



WAN memiliki beberapa karakteristik, yaitu :

1. Menghubungkan antar jaringan => berfungsi menghubugkan antar jaringan di tempat yang berbeda dengan masing-masing tempat menggunakan net id yang berbeda.

2. Berbasis luas => jaringan yang terhubung mencakup wilayah yang luas.

3. Mentransmisikan data dari satu host ke host lain pada jaringan yang berbeda => berfungsi mengirim dan menerima data dari host pada jaringan satu ke host pada jaringan lain.

4. Penekanan pada aspek keamanan => pada sebuah jaringan WAN sangat diperlukan sistem keamanan jaringan yang baik.



Standarisasi WAN

ARP (Address Resolution Protokol)

· Protokol yang berfungsi untuk keperluan mapping IP Address ke alamat internet. Prosesnya hanya berlangsung pada paket data yang dikirim oleh host.

· Penerjemehan IP Address ke alamat ethernet dilakukan dengan melihat tabel yang disebut cache ARP.

Enkapsulasi

· Proses pemaketan paket data untuk dikirimkan ke alamat tujuan. Bertujuan agar paket data diterima sesuai dengan maksud dari pengirim.

· Jenis enkapsulasi : - HDLC (High-Level Data Link Control)

- PPP (Point to Point Protocol)



HDLC

· Transmisi Serial Synchronous :

- Data control

- Flow control

· Default untuk interface serial (Frame) :

Ø I -Frames => kemungkinan pengiriman ulang.

Ø S-Frames => mekanisme request and respond.

Ø U-Frames => fungsi tambahan.

PPP

· Sub Protocol : -Link Control Protocol (LCP), membangun jalur.

-Network Control Protocol (NCP), mengkonfigurasi berbagai protokol network layer.

· Sesi PPP : -Pembangunan jalur komunikasi

-Authentication

-Pengiriman data pada network layer

Perangkat WAN

1.Router
adalah perangkat jaringan yangh aktif dan intelegent dan dapat bepartisipasi dalam manageman jaringan.

tujuan router

tujuan router adalah konektivitas, perfomansi yang reliabel, kontrol manajeman dan fleksibitas.

2.CSU/DSU

jalur komunikasi membutuhkan sinyal dengan format yuang sesua.untuk jalur digital. sebuah Chanel Service Unit(CSU) dan Data Service Unit(SDU)dibutuhkan. keduanya sering digabungkan menjadi sebuah pernagkat yang disebut CSU/DSU

3.Modem

adalah sebuah perangkat dibutuhkan untuk mempersiapkan data transmisi melalui lokal loop. modem lebih dibutuhkan untuk jalur komunikasi analog dibandingakn digital.nodem mengirim data melalui jalur telpon dengan memodulasi dan demodulasi sinyal.sinyal digital ditumpangkan ke sinyal suara analog yang dimodulasi untuk tranmisikan. pada sisi penerima sinyal analog dikembalikan menjadi sinyal digital atau demodulasi.

4.Communication server

communication server mengkonsentrasikan komunikasi pengguna dial-in dan remote akses ke LAN. communication server memiliki interface analog dan digital serta mampu melayani beberapa user sekaligus.

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More