Search

Rabu, 25 Mei 2011

Pengenalan Internet

Belum Paham Mengenai Internet ?

Sebelum kita mengenal lebih jauh mengenai internet, sebaiknya kita pelajari terlebih dahulu mengenai jaringan komputer.

Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya sehingga setiap komputer tersebut dapat saling berkomunikasi dan saling berbagi data.

Jenis jaringan komputer terdidri atas Personal Area Network (PAN), Local Area Network (LAN), Metropolitan Area Network (MAN), Wide Area Network (WAN), Internet dan wireless.

Apa Sih Internet Itu ?

INTERNET (Interconnected Network) merupakan jaringan komputer yang berbasis dunia yang saling berhubungan antara komputer satu dengan yang lain dengan media alat tertentu sehingga dapat berbagi data dan informasi.

Melalui Internet kita bisa melakukan browsing, chatting, mengirim e-mail, download, upload, hacking dan sebagainya.

Internet menggunakan jalur untuk mentransfer data yang dinamakan dengan backbone. Dengan backbone inilah kita bisa saling berkomunikasi dengan teman-teman, pacar dan keluarga dengan mudah dan cepat sekaligus melepas rindu kita kepada mereka.

Cara Mengakses Internet

Internet dapat diakses dengan menggunakan perangkat seperti komputer, laptop/notebook, handphone, PDA dan sebagainya.

Jika ingin mendapatkan akses internet gratis kita bisa menggunakan WiFi. Dengan WiFi kita dapat terkoneksi internet dengan batasan atau cakupan area yang telah ditentukan yang dilingkupi access point atau disebut hotspot.

Atau jika kita ingin mengakses internet dengan komputer pribadi di rumah, maka peralatan yang diperlukan yaitu :

Komputer / Laptop

Semakin cepat prosesor pada komputer, semakin cepat dalam penggunaan Internet dengan didukung dengan ISP yang digunakan. Prosesor yang baik untuk penggunaan internet dimulai dari prosesor yang memiliki kecepatan 1,7 Ghz sampai kecepatan paling cepat.

Modem

Kependekkan dari Modulator Demodulator adalah perangkat yang berfungsi untuk mengubah sinyal digital pada komputer menjadi sinyal analog dan sebaliknya dengan transmisi melalui kabel atau sinyal telepon. Macam-macam koneksi internet dan modem card yang dapat digunkan adalah sebagai berikut :

Koneksi menggunakan kabel telepon

Perangkat internal (Modem PCI)
Komponen eksternal (Modem USB)



Koneksi tanpa kabel (Wireless)
Modem GSM USB, Modem CDMA USB, Modem GSM PCMCA, Modem CDMA PCMCA.


Account Internet

Anda harus memiliki account intenet dari service provider yang anda gunakan untuk dapat menggunakan access internet. Service Provider adalah perusahaan yang menyediakan layanan internet. Bagi yang menggunakan Modem CDMA atau GSM dapat menghubungi operator seluler untuk mengetahui user name, password, nomor telepon dial-up dan nama ISP.

Dimana cara instalasi modem agar terhubung ke internet tergantung pada setiap masing-masing jenis modem yang digunakan.



Layanan Pada Intenet

Di Internet terdapat banyak layanan-layananyang bisa atau bahkan yang sering digunakan. Contoh layanan Internet yang sering digunakan yaitu :

World Wide Web (www)

Merupakan layanan yang digunakan untuk menjelajah dan berkunjung ke halaman web (browsing). Layanan ini memungkinkan kita untuk mencari informasi , data, pengetahuan, berita, download dan lain-lain melalui web browser seperti Mozila Firefox, Google Chrome, Internet Explorer, Safari, Opera, Sea Monkey, 4Shared browser, AVG search dan sebagainya.

Chat

Adalah komunikasi dengan orang lain secara langsung dengan mengetikkan kata-kata, menyisipkan symbol atau gambar. Layanan-layanan untuk chatting di internet seperti Koprol, Facebook, Friendster, Yahoo Messenger, MSN Messenger, Skype, Trilian dan sebagainya. Layanan Chat memudahkan kita dalm berkomunikasi dengan orang-orang yang berada diseluruh pelosok dunia.

E-mail

Merupakan surat elektronik yang dikrimkan melalui jaringan internet. Aplikasi-aplikasi e-mail yaitu Yahho Mail, Google Mail, Hotmail, AOL, Sina dan sebagainya. Layanan e-mail memungkinkan kita untuk dapat saling berkirim pesan bahkan mengirimkan data melalui internet kepada teman, pacar, kerabat dan saudara.

Mailing list (Milis)

Layanan didalam internet yang digunakan untuk berdiskusi melalui e-mail disebut Mailing List. Kelompok diskusi dalam Milis banyak sekali, dan dapat dibedakan menjadi kleompok berdasarkan topic (misal tentang pekerjaan, hobi , bisnis, pendidikan dan lain-lain), dan berdasarkan anggota tertentu (misal kelompok HMJ IT, BEM, KAMMI, dll). Penyedia mailing list (server) yang paling terkenal, yaitu Yahoo Groups.



Blog

Layanan yang memunginkan kita untuk dapat menuangkan segala curhatan hati, berbagi pengetahuan, menulis cerita, meulis pengalaman pribadi dan kisah-kisah menarik baik dalam bentuk kata-kata maupun gambar. Layanan blog yang terkenal dan banyak digunakan antara lain Blogspot dan Wordpress.

Blogspot dan Wordpress sering digunakan karena layanan pembuatannya tidak memerlukan biaya.

Mesin Pencari (Search Engine)

Adalah website yang menyediakan layanan untuk mencari kumpulan situs, kumpulan gambar, foto, video, berita dan sebagainya.

Facebook

Merupakan website yang berbasis jaringan sosial yang seing digunakan oleh orang-orang diseluruh dunia utuk mencari teman dan berkomunikasi melalui internet. Dengan Facebook kita bisa saling berkirim pesan, menyimpan foto, update status, chatting, colek-colekan, mengkomentari dan sebagainya.

Karena Facebook sering digunakan oleh setiap orang, seringkali kegunaan facebook disalah gunakan untuk hal-hal yang negative dan tidak baik seperti Menipu orang lain, Hacking, menampilkan gambar porno dan berkata-kata dengan tujuan menghina orang lain, bangsa, Negara bahkan agama.







Browsing dan Chatting

Browsing

Surfing atau biasanya disebut Browsing adalah menjelajah, melihat-lihat serta mengunjungi halaman web melalui “www” untuk mencari informasi, data, pengetahuan, berita, mencari situs dan lain-lain. Kebanyakan file-file website berbentuk HTML. HTML (Hyper Text Markup Language) merupakan bahasa mark-up yang diciptakan untuk membuat halaman website dengan sistem hypertext untuk ditampilkan di web browser.

Didalam Internet, file-file website tersimpan didalam komputer server (web server). Saat kita memasukkan alamat website / masuk ke link web browser, maka komputer client akan meminta kiriman data-data website dari komputer server. Kemudian komputer server akan mengirimkan data-data tersebut melalui jalur HTTP. HTTP (Hyper Text Transfer Protocol) merupakan jalur yang digunakan untuk mentransfer data didalam jaringan Internet. Oleh karena itu, saat kita menmgetikkan alamat website akan selalu dimulai dengan “http://......”. Untuk melakukan browsing di internet kita menggunakan program yang dinamakan web browser seperti internet Explorer, Mozila Firefox, Opera, Sea Monkey, Safari, Google Chrome dan sebagainya. Untuk Internet Explorer sudah ada pada sistem operasi windows. Tetapi jika web browser yang lain harus diinstall terlebih dahulu pada sistem operasi windows. Bukan hanya pada windows saja, Sistem Operasi seperti Linux dan Mac OS juga dapat dipergunakan sebagai fungsi akses internet.

Chatting

Chatting adalah percakapan antara dua orang atau lebih secara langsung melalui jaringan Internet. Layanan-layanan untuk chatting antara lain Yahoo Messenger, mIRC, Pidgin, Skype, MSN Messenger, Windows Live Messenger, Facebook dan lain-lain.

Chatt dengan YM (Yahoo Messenger)

YM adalah program pengirim pesan yang populer dari Yahoo. YM memudahkan kita dalam bercakap-cakap melalui tulisan ataupun suara serta dapat saling bertatap muka menggunakan bantuan webcam.


Langkah-langkah Chatting menggunakan YM :

Double Klik pada icon YM didekstop atau klik pada start menu. Selanjutnya akan terbuka tampilan YM pada sisi kanan layar.
Massukkan ID dan Passwordnya. Setelah mengisi ID dan Password, klik pada ‘Sign In’. Jika belum mempunyai ID YM maka kliklah perintah ‘Get a new yahoo ID’. Selanjutnya ikuti intruksinya.
Pada menu bar Yahoo Messenger, klik Messenger >> Yahoo! chat >> Join Room. Selanjutnya akan muncul halaman Yahoo! Chat.
Pada Categories pilih kategori yang anda inginkan. Untuk Negara anda bisa pilih Regional, maka klik tanda plus pada Regional lalu pilih Negara yang anda inginkan, misalnya Indonesia maka klik “Indonesia”. Selanjutnya pada Yahoo Rooms akan tampil kota-kota di Indonesia.
Pada Yahoo Rooms pilih kota yang anda inginkan, misalnya Jakarta. Maka klik tanda plus pada Jakarta. Kemudian pilih salah satu, misalnya “Jakarta:1”, kemudian klik Go to Room.
Klik link Vertifikasi kode pada halaman tersebut, yaitu http://captha.chat......
Masukkan kode seperti tulisan pada kotak, kemudian klik submit. Selanjutnya terlihat halaman Congratulation, tutup halaman. Selanjutnya terbuka halaman chat pada Yahoo Messenger dan anda sudah bisa menggunakan layanan chat tersebut.



Memulai Chatting dengan Yahoo Messenger

Untuk menuliskan teks yaitu pada kotak bawah yang telah disediakan (Anda juga dapat memasukkan emoticon dan mengedit teks). Selanjutnya untuk mengirim klik pada Send atau tekan Enter.
Untuk bercakap-cakap menggunakan handset klik pada HandsFree.
Jika ingin menggunakan webcam klik pada Webcam selanjutnya terbuka kotak webcam yang menampilkan diri anda dapat dilihat oleh chatter lainnya tetapi dengan persetujuan anda.
Untuk mengirimkan file, klik pada Send File.
Untuk layanan Instant Messege double klik pada nama yang anda pilih pada sebelah kanan halaman.
Ketikkan teks pada kotak yang tersedia, untuk mengirim klik pada send atau tekan Enter.



Pada layanan Instant Messege ini anda dapat menghubungi teman chat dan bercakap-cakap secara langsung menggunakan handsfree, dapat saling bertatap muka menggunakan webcam, melihat profil teman chat, mengirimkan file, berbagi foto, bermain gamae bersama, mengirimkan e-mail, mengirimkan SMS ke handphone teman dan lain-lainnya.

Facebook

Seperti halnya dengan Yahoo Messenger, Facebook juga merupakan website yang berbasis jaringan sosial yang biasa digunakan untuk mencari teman dan berkomunikasi melalui internet. Dengan Facebook kita bisa saling berkirim pesan, meyimpan foto, dan lain-lain. Fitur-fitur yang terdapat pada Facebook antara lain :

Group, untuk membuat kelompok atau untuk membentuk komunitas online seperti diskusi.
Selling, untuk menawarkan barang atau jasa ke pengguna Facebook lain.
Flayer, Untuk mengiklankan sesuatu tapi pengguna Facebook lain tidak menyangka itu adalah iklan. Di Facebook tidak menggunakan iklan gambar yang mencolok.
Event, Untuk menuliskan even atau kegiatan atau acara yang selanjutnya dapat dibaca oleh pengguna Facebook lain.
Status Update, untuk mengisi status atau berita tentang apa yang sedang kita lakukan. Misalnya sedang Fallin Love atau Curcol (Curhat Colongan).

Dengan adanya fitur ini kita bisa mengetahui kegiatan sehari-hari teman kita.

……….Semoga Bermanfaat……..


Tks.
adminzk

Thanks For Manan

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More