Search

Senin, 18 April 2011

Load Balancer Web Server dengan Apache “mod_proxy_balancer”

Jika web server Anda tergolong web server yang super sibuk dengan beban akses atau hit yang besar, maka performa dan kinerja dari web server Anda dituntut maksimal. Untuk menjaga performa Apache web server Anda tetap prima, buat saja load balancer web server dengan modul mod_balancer.

Cara mudah untuk menyediakan web server dengan performa dan kinerja maksimal adalah menggunakan perangkat keras dengan spesifikasi yang tinggi. Salah satu solusi untuk menjamin performa dan kinerja web server tetap baik adalah menggunakan teknik cluster. Ada berbagai teknik cluster say ini, namun pada artikel ini akan membahas teknik cluster web server dengan menggunakan teknik load balancer (pembagi beban) pada web server Apache dengan menggunakan modul mod_proxy_balancer.
Pada teknik load balancer ini, terdiri dari minimal sebuah web server yang berperan sebagai load balancer dengan dua atau lebih web server real (backend web server). Pada teknik cluster web server menggunakan load balancer, user mengakses web server yang berperan sebagai load balancer, kemudian load balancer akan mengambil halaman web yang diminta oleh user dari dua atau lebih backend web server dan kemudian memberikannya pada user.
Dengan menggunakan load balancer Anda dapat menurunkan beban rata-rata pada web server.
Salah satu fitur penting dari mod_proxy_balancer adalah dapat melacak session yang berarti satu pengguna selalu berurusan dengan sebuah backend web server, hal ini menjaga konsistensi session pada saat mengakses halaman web sehingga kejadian yang tidak diharapkan seperti user kehilangan session sehingga harus login lagi untuk menciptakan session baru dapat dihindari.
Dengan teknik load balancer ini kita memang harus menyediakan beberapa mesin computer yang akan difungsikan sebagai load balancer, dan backend load balancer. Namun kita masih dapat menggunakan spesifikasi mesin computer yang tidak terlalu tinggi sehingga kita mungkin masih dapat menggunakan mesin computer yang sudah ada.
Pada artikel ini akan dijelaskan secara singkat dan praktis tentang bagaimana menerapkan load balancer web server menggunakan web server apache dengan modul mod_proxy_balancer. Kali ini disimulasikan menggunakan menggunakan system operasi Linux CentOS 5 dan Apache 2.2.3 untuk web server load balancer, dan menggunakan dua backend web server yang masing-masing menggunakan system operasi Linux CentOS 5.2 dan Fedora Core 6 serta web server Apache bawaan masing-masing distro.

Download Lengkapnya
http://www.ziddu.com/download/14685437/LoadBalancerWebServerdenganApache.pdf.html


Oleh Fahrizal II TKJ 5

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More