Search

Kamis, 21 April 2011

Tugas cerpen

“Hey, gue Gio..” Kata seorang yang berusaha ngajak aku kenalan di sebuah turnamen basket.
Aku tetep diem.
“Nama lo siapa?? Lo temennya Ryan kan ?” Tanya dia ramah. Ryan adalah sahabatku dari kecil. dan ternyata katanya dia juga sahabat orang ini.
Waktu itu Ryan emang katanya mau ngenalin aku sama temennya dan aku rasa ini dia maksudnya. Tapi aku tetep ngerasa aneh gara-gara dia tiba-tiba ngajak kenalan, aku langsung pergi.
“Hey, gue ngomong sama lo..” Kata dia sambil narik tanganku.
“Apaan sih? Kayanya penting banget tau nama gue. Kita baru pertama kali ketemu gitu..” Tanyaku cuek.
“Emang itu penting banget buat gue kok. Please?”
Setelah berpikir cukup lama, aku akhirnya mutusin satu hal.
“Kalo sekolah lo menang lawan sekolah gue, gue kasih tau nama gue..” Tantangku.
“Oke, gue bakalan menangin pertandingan itu demi ngedapetin nama lo..”
Dan ternyata, sekolah dia menang. Soalnya waktu itu Ryan yang jago basket itu malah satu sekolah sama Gio, bukan sama aku. Ya sudah lah, aku harus ngakuin kekalahan. Gak lama kemudian, orang itu nyamperin aku.
“Gimana? Gue udah menang buat lo.”
“Gue Marissa. Panggil aja Icha..” Kataku.
“Giovani, panggil Gio..”
Itu awal perkenalan aku sama dia. Gio itu perhatian banget sama aku. Dan karena perhatian dia itulah, lama-lama aku luluh sama dia. Aku udah gak secuek waktu pertama kali kenal sama dia. Sampe suatu saat dia ngajak aku makan malem.
“Cha, gue sengaja ngajak lo kesini. Gue mau ngomong sesuatu sama lo..”
“Mau ngomong apaan?”
“Emm... Sebenernya gue udah lama nyembunyiin ini.. dari pertama kali kita ketemu...”
“Kenapa? Ngomongnya jangan setengah-setengah dong..”
“Gue..... Gue suka sama lo, Cha..”
Aku cuma diem.
“Lo mau gak jadi cewek gue?”
“Mmm... Gimana ya.. Gue gak bisa, Gi.. Sorry ya.....”
“Oh gak bisa yah.Hmm, gak apa-apa kok, Cha. Gue juga gak mau maksain perasaan lo. Tapi gue boleh tau kenapa?”kata Gio lemes.
“Gue udah suka sama orang lain..”
“Siapa?”
“Mmm, namanya Giovani. Anak basket, tapi gak satu sekolah sama gue. Waktu gue pertama kali ketemu dia, dia tuh aneh banget. Tiba-tiba ngajak kenalan gue gitu. Dan gue ngasih tantangan ke dia, ternyata dia menang. Jadi deh, gue kenalan sama dia..”kataku sambil senyum-senyum.
“Jadi?”Tanya Gio.
“Apanya?”
“Lo... Mau?”
“Lho, lo gak denger cerita gue ya? Gue tuh udah sayang banget sama yang namanya Giovani..”
“Cha, Cha.. Gue janji gak bakalan ngecewain lo..”kata Gio.
Akhirnya aku resmi jadi pacarnya dia. Walaupun pas penembakan, jawabanku muter-muter kemana-mana, intinya aku sayang banget sama dia.
Suatu hari aku, dia, sama temen-temen gue pergi ke puncak. Kita bakar-bakaran jagung. Abis itu temen-temen aku pada sibuk sama pacarnya.
“Cha... gue seneng banget. Karena lo mau jadi pacar gue..”Kata Gio.
“Gue juga seneng, Gi..”
“Cha, lo itu hal terindah yang pernah gue punya..”
“Apaan sih lo..”
“Kalo suatu saat gue pergi ninggalin lo, lo sedih ga?”
“Pergi kemana?”
“Ke tempat yang jauh banget..”
“Gue boleh ikut gak?”katakusambil senyum-senyum.
“Ahh, lo bercanda mulu..”kata Gio sambil ngacak-ngacakin rambut gue.
“Ihh Gio, berantakan nih..”
“Gue tetep sayang kok sama lo walaupun rambut lo acak-acakan..hehe..”
“Cha, gue ngentuk nih! Tidur yuk..”kata Audy yang tiba-tiba dateng.
“Yaudah yuk tidur..”kataku sambil ninggalin Gio.
“Ehh.. Good night..”kata Gio.
“Goodnight..”kataku sambil senyum.

***
Kejadian yang aku laluin sama dia itu nyenengin semua. Sampe suatu saat, Gio berubah. Aku denger dari Ryan, katanya dia jarang masuk sekolah. Dia jadi bandel.Hp gak aktif. Kalo aku ke rumah dia, dia gak pernah mau nemuin aku. Sampe suatu saat, waktu aku lagi jalan sama Ryan gue liat Gio lagi sama cewek. Mesra banget lagi. Aku pun nyamperin dia.
“Gi, cewek ini siapa? Lo kok tega banget sih sama gue?”Tanyaku.
“Dia cewek baru gue. Puas lo?”jawab Gio tenang.
“Lo jahat, Gi! Gue benci sama lo! Gue salah waktu itu mau nerima lo!Lo gak punya perasaan!”kataku sambil pergi dari depan dia.
Gila, dia tega banget sama aku. Blak-blakan dia ngaku kalo itu ceweknya dia. Jahat banget tuh orang! Aku benci banget sama dia.
Setelah aku putus sama dia, aku sempet gak percaya sama yang namanya cowok. Sampe suatu saat, aku dapet kabar dari Ryan kalo Gio masuk rumah sakit. Awalnya, aku gak peduli. Tapi setelah Ryan bilang, penyakit Gio itu udah parah banget, dengan terpaksa aku langsung pergi ke rumah sakit.
Sesampainya di rumah sakit, aku langsung masuk ke kamarnya Gio. Udah 2 hari, Gio gak sadar. Yang bikin sedih, nyokapnya Gio ngasih tau aku kalo Gio emang udah divonis dokter, umurnya tinggal setahun lagi. Sampe ketika, dia kenal aku. Dia jadi lebih menghargai yang namanya hidup. Makanya waktu itu tiba-tiba dia nanya, gimana kalo dia pergi ke tempat yang jauh? Ternyata gara-gara ini.
3 bulan kemudian, dokter bilang penyakit Gio udah parah banget, waktu buat Gio pun berubah jadi setengah tahun. Makanya, akhir-akhir ini dia ngebuat aku benci sama dia. Dia sengaja jalan sama sepupunya waktu aku lagi jalan sama Ryan. Dia sengaja bikin aku marah sama dia. Dia juga udah nitipin aku ke Ryan.
“Yan, jadi selama ini lo udah tau kalo Gio sakit?”Tanyaku .
“Iya, Cha. Gue udah tau.”
“Kenapa lo gak ngasih tau gue, Yan?”
“Gio gak pengen lo tau, Cha. Dia gak pengen lo jadi kepikiran dia terus. Waktu lo abis marah-marah sama dia, dia langsung nelepon gue. Dia nitipin lo ke gue. Sorry, gue gak kasih tau lo.”
Itu semua ngebuat aku shock banget. Aku selalu ngejenguk dia tiap hari. Suatu hari, dia sadar. Dan dia ngajak aku pergi ke taman. Awalnya aku gak mau, tapi dia tetep ngajak gue kesana. Aku sama dia pun pergi kesana. Gio nyoba buat tetep tersenyum di depanku, tapi aku tau kalo dia itu lagi nahan rasa sakit.
“Cha..”panggil Gio pelan.
“Kenapa??”Tanyaku.
“Kalo gue udah gak ada di dunia ini, lo baik-baik ya.. dan yang paling penting, gue gak mau liat lo nangis.. Makanya waktu itu gue pengen ngebuat lo ngebenci gue. Jadi, kalo udah waktunya gue pergi, lo gak sedih.. Tapi ternyata gue gak bisa nyakitin lo kaya gitu. Walaupun sebenernya, kaya gini juga nyakitin lo..”
“Lo jangan ngomong macem-macem. Gue bakalan coba buat gak nangis. Sekalipun lo gak bisa sembuh, gue janji bakalan nemenin saat-saat terakhir lo. Tapi gue yakin, lo bisa sembuh. Lo harus optimis yaa.”
“Cha.. Gue gak bakal bisa sembuh. Tapi gue bahagia, karena lo udah jadi hal terindah yang gue milikin. Kalo gue gak ada, lo baek-baek ya..”
“Jangan ngomong kaya gitu terus yaa.. Pliss..” kata gue. Air mataku pun mulai berjatuhan.
“Lo jangan nangis. Lo udah janji buat gak nangis. Cha, gue sayang banget sama lo.”kata Gio sambil meluk aku.
“Gue juga sayang lo, Gi..”
Lama-lama, pelukan Gio gak seerat awalnya. Nafas dia pun udah berhenti. Gio udah pergi selama-lamanya. Ninggalin keluarganya, aku, dan semuanya. Gio udah gak mungkin lagi ada di samping aku. Dia gak bakal nemenin hari-hari aku, ngacak-ngacak rambut aku kaya biasa. Dia gak lagi berbentuk nyata, mulai sekarang dia cuma ada di memori otak aku.

***


Luluh

Disusun oleh
Nama: Tommy Romanda
Kelas: X-8
SMA Negeri 3 Depok

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More